PERILAKU KONSUMEN
MATA KULIAH SOFTSKILL
NAMA :
ADE DAMAYANTI
NPM :
10213129
KELAS :
3EA33
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN
MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
1. Mencari tentang karakteristik pembeli yang
dihubungkan keberhasilan suatu pemasaran!
Jawab:
Kita perlu mempelajari karakteristik pembeli yang
dihubungkan keberhasilan pemasaran suatu produk. Suatu metode didefinisikan
sebagai suatu wakil realitias yang di sederhanakan. Model karakteristik pembeli
dapat pula di artikan sebagai kerangka kerja atau suatu yang mewakili apa yang
di yakinkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli.
Adapun yang mempengaruhi faktor-faktor karakteristik pembeli yaitu :
Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan , dan keluarga.
Sedangkan kekuatan psikologis terdiri dari pengalaman
belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.dan tujuan dan fungsi modal karakteristik konsumen sangat
bermanfaat dan mempermudah dalam mempelajari apa yang telah diketahui mengenai
karakteristik konsumen. Karakteristik konsumen akan lebih mendalam dan berhasil
apa bila kita dapat memahami aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan.
Kemampuan dalam menganalisis karakteristik konsumen berarti keberhasilan dalam
mengalami jiwa konsumen dalam memenuhi
kebutuhannya.
Keberhasilan pengusaha, ahli pemasaran, pimpinan toko dan pramuniaga dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan kepada konsumen dan diri pribadinya.
Pengertian pemasaran sering
diartikan dengan penjualan. Padahal sebenarnya pengertian pemasaran lebih luas,
penjualan hanya sebagian dari kegiatan pemasaran. Secara umum pemasaran adalah
kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan,
serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan
mencapai tujuan perusahaan.
Jadi karakteristik konsumen berperan
penting dalam keberhasilan suatu pemasaran karena untuk evaluasi kesempatan
utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Dalam penganalisaan
karakteristik konsumen yang dihubungkan keberhasilan suatu pemasaran, adalah
penting untuk menyadari bahwa konsumen itu beragam dalam keinginan untuk
mencoba suatu produk baru. Berbagai jenis konsumen yang berbeda dapat
mengadopsi suatu produk baru pada tahapan siklus hidup produk yang berbeda pula
maka penting untuk keberhasilan suatu pemasaran.
Salah satu fokus utama penelitian karakteristik konsumen
adalah untuk mengidentifikasi karakteristik inovator dan perbedaan mereka dari
konsumen lainnya. Ulasan terhadap penelitian karakteristik konsumen yang
dihubungan keberhasilan suatu pemasaran yang dilakukan ini menemukan bahwa
inovator cenderung lebih berpendidikan dan lebih muda serta lebih memiliki
mobilitas sosial, memiliki lebih banyak sikap yang cocok untuk menghadapi
risiko (sikap petualang), partisipasi sosial yang lebih tinggi, dan lebih
memiliki sikap kepemimpinan ketimbang karakteristik konsumen lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar