NAMA: ADE DAMAYANTI
10213129
1EA33
PENGERTIAN MANAJEMEN
Pengertian
Manajemen Menurut Para Pakar. Jika
mendengar kata manajemen, pasti pikiran kita otomatis mengarah kepada sesuatu
kegiatan yang erat kaitannya dengan bidang ekonomi. Padahal pada faktanya,
pengertian manajemen tidak hanya merupakan istilah yang identik dengan bidang
tersebut. berikut ada penuturan beberapa pakar mengenai pengertian manajemen
sehingga anda akan lebih mengerti makna dari istilah yang berasal dari Bahasa
Inggris “manage” yang artinya mengatur itu. Pernyataan pertama diutarakan oleh Harold Koontz. Konsultan Amerika yang
berasal dari California ini menganggap pengertian manajemen adalah seni
menyelesaikan suatu pekerjaan melalui dan dengan beberapa orang yang
tergabung dalam suatu kelompok formal yang terorganisir. Pengertian ini
ditulis dalam bukunya yang berjudul “The Management Theory Jungle”.
Teori tentang pengertian manajemen kedua datang dari seorang ahli ilmu manajemen asal Istanbul, Turki yang bernama Henri Fayol. Dalam bukunya yang berjudul “Industrial and General Administration”, ia menganggap pengertian manajemen ialah cara yang digunakan untuk mengelola sesuatu guna memprediksi, merencanakan, mengatur, memerintah, mengkoordinasikan, serta mengendalikan.
Selanjutnya, ada Peter Drucker yang juga tururt menyumbangkan pendapatnya perihal pengertian manajemen ini. Dalam buku “The Principles of Management” yang ditulis oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.
Berbeda dengan Peter dan Henri yang menuturkan pengertian manajemen dengan bahasa yang sedikit rumit, Mary Parker justru menyimpulkannya dengan bahasa yang lebih sederhana. Menurutnya, manajemen adalah sebuah seni menyelesaikan suatu hal melalui orang.
Jadi, dari sekian banyak pengertian manajemen yang dituturkan oleh para pakar di atas, bisa disimpulkan bahwa manajemen adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menerima tanggung jawab guna menjalankan sebuah organisasi. Dalam organisasi tersebut, mereka akan mengatur, mengarahkan, dan juga mengawasi segala hal yang penting dalam organisasi yang sudah pasti dilakukan bersama-sama dengan kadar tanggung jawab yang seimbang, bahkan manajemen akan memotivasi pihak lain untuk melakukan pekerjaan dengan cara berkoordinasi agar bisa mencapai tujuan organisasi yang mereka harapkan.
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu budaya dasar adalah suatu ILMU yang mempelajari tentang
dasar-dasar Kebudayaan, Dan Budaya memang merupakan salah satu jiwa dari
nilai-nilai yang ada di masyarakat.Secara
sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk
mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan
petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang
berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities
itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya
dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa
dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo
humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus
mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan
tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
KESIMPULANNYA : hubungan Ilmu budaya dasar dan manejemen yaitu sama-sama mengatur tentang budaya kemanusiaan
SUMBER :
1. http://kedaiinformasiku.com/pengertian-manajemen/
2.
http://edisugiartonos.blogspot.com/2011/10/tugas-ibd-part-1-pengertian-ibd-dan.html
3. http://vaniaibd.blogspot.com/2012/10/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar