Senin, 28 Oktober 2013

HUBUNGAN ILMU BUDAYA DASAR DENGAN SASTRA

NAMA: ADE DAMAYANTI
NPM: 10213129
KELAS: 1EA33

HUBUNGAN ILMU BUDAYA DASAR DENGAN SASTRA

 Secara morfologis kata sastra berarti semua yang berkaitan dengan fresik baik, indah, berguna dan bentuk dasar satra yang berarti ‘kata, tulisan, ilmu’. Jadi, menurut uraian di atas sastra adalah semua yang berkaitan dengan tulisan yang indah. Sedangkan menurut istilah artinya sastra adalah seni yang menggunakan bahasa sebagai medium.

 Umumnya dikatakan bahwa keindahan atau nilai estetis suatu cipta sastra timbul karena adanya keserasian, kesepadanan, dan keharmonisan antara isi (= topic, amanat) dengan bentuk (= cara pengungkapan isi).

 Keindahan inilah yang kemudian merebut perhatian pembaca, dan menarik mereka ke dalam penghayatan terhadap citra sastra tersebut. Adanya nilai keindahan itulah yang membangkitkan perasan hati, sedih, gembira puas atau sebaliknya kecewa di dalam batin pembaca. Dan disini saya akan mencoba mencari hubungan sastra dengan ilmu budaya dasar.

 Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, pengertian tersebut adalah pengertian ilmu budaya dasar secara sederhana. Pengertian ilmu budaya dasar secara luas yang dimana ilmu pengetahuan yang sudah mempelajari segala tentang budaya dan ilmu budaya dasar berperan penting dalam suatu masyarakat yang dimana dapat mengembangkan kepribadian kita serta wawasan kita mengenai budaya, seperti aspek kesenian adat istiadat, bahasa suatu bangsa untuk lebih mengenal budaya yang ada dalam bangsa.

KESIMPULAN :

 Ilmu budaya dasar mengajarkan pembelajaran mengenai konsep-konsep kehidupan dan budaya manusia, sedangkan sastra penguraian atas konflik yang digunakan untuk mencapai suatu hasil yang dikatakan bahwa keindahan atau nilai estetis suatu cipta sastra timbul karena adanya keserasian, kesepadanan, keharmonisan antara isi. Jadi, intinya satra membuat pencerahan atas konflik mengenai konsep-konsep kehidupan dan budaya manusia dengan membawa nilai estetis yang baik dan menimbulkan keserasian bersama.

REFERENSI :

1. http://anggipay.blogspot.com/2011/04/hubungan-kesusastraan-dengan-jurusan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN SOFTSKILL BAHASA INGGRIS 2 TULISAN KE 2

BAHASA INGRRIS 2                         NAMA            : ADE DAMAYANTI                         NPM               : 10...