Jumat, 15 Januari 2016

Tugas Kelompok Softskill Perilaku Konsumen

Kelompok Softskill Perilaku Konsumen


NAMA:
Ade Damayanti (10213129)
Efliani Siska (12213781)
Marlina Fitri Annisa (15213303)
Radela Mega N. (17213090)
Ulfatun Uswah (19213041)
KELAS: 3EA33
Tugas:
4P + 3P = 7P Jelaskan dan buat usaha kecil yang di dalamnya terdapat unsur 7P!
Jawab:
Perilaku konsumen sebagai hal-hal yang mendasari untuk membuat keputusan pembelian, dengan adanya marketing mix maka proses pengambilan keputusan dapat dipertimbangkan dengan matang.
Marketing Mix adalah strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilaukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam Marketing Mix itu sendiri.
Menurut pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi: “Marketing Mix adalah sekumpulan variable-variable pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran.
Unsur-unsur marketing mix baik 4P atau 7P tersebut, berikut disebutkan :
Product
Price
Promotion
Place
People
Process
Physical Evidence
Gambaran perilaku konsumen dengan menggunakan marketing mix
Marketing Mix Product
Produk sendiri terbagi 2 yaitu produk nyata bias dilihat dan produk tidak nyata atau jasa hanya bias dirasakan tapi tidak bisa dilihat. Dalam hal produk perlu diperhatikan kualitas, layanan, dan lain-lain karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus kita perhatikan kepuasan pelanggan terhadap produk yang kita tawarkan.

Marketing Mix Price
Strategi dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada konsumen, karena harga juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita atau tidak.

Marketing Mix Promotion
Merupakan strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli, dalam hal ini kita harus pandai-pandai menyusun strategi promosi agar produk kita bias dikenal konsumen.

Marketing Mix Place
Sering juga disebut saluran distribusi, yang berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.

Marketing Mix Partisipant or People
Participant atau people yang dimaksud adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam strategi pemasaran produk atau jasa, misal dalam usaha restoran maka yang dimaksud adalah para kasir, pelayan, dan penjual sayur dan lain-lain baik yang terlibat langsung maupun tidak.

Marketing Mix Process
Kegiatan marketing mix yang menunjukan bagaimana proses pelayanan yang diberikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan.

Marketing Mix Phisical Evidence / Lingkungan Fisik
Merupakan lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang didalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan Nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran. Maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma fisik, cahaya yang terpancar, cuaca yang baik, peletakan dan layout yang Nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimula hal ini di kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.

Tujuan dari pemasaran atau marketing adalah untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta permintaan konsumen. Contoh dari kebutuhan antara lain papan, sandang, pangan, rasa aman, kesehatan dan lain-lain dimana kebutuhan tersebut tidak diciptakan oleh konsumen ataupun produsen karena hal tersebut adalah kondisi manusiawi.
Contoh perilaku konsumen yang mungkin terjadi jika pengusaha/wirausaha mempergunakan Marketing Mix :
Orang Indonesia yang biasa makan nasi tak akan pernah merasa puas alias kenyang sebelum mereka makan nasi, dengan keadaan seperti itu maka dapat dimanfaatkan oleh produsen atau perusahaan misalnya KFC yang menyediakan paket nasi, padahal di negara asalnya tidak menyediakan nasi.
Contoh lainnya yaitu :
Ardian telah berlangganan surat kabar kurang dari 1 tahun dengan pendapatan perbulan antara Rp. 800.000 – Rp. 1.200.000. menurut beliau surat kabar yang di bacanya lebih dari 3 merk setiap harinya. Selanjutnya menurut beliau kelebihan dari surat kabar yang dijadikan langganan karena beritanya yang selalu terkini beliau juga mengatakan bahwa dengan membaca surat kabar beliau mendapatkan manfaat social yaitu beliau lebih mudah bergaul untuk manfaat ekonomi, beliau mengatakan bahwa hal pertama yang sedang terjadi dengan cepat. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa hal pertama yang beliau lihat saat memutuskan berlangganan surat kabar yaitu manfaat dari surat kabar. Untuk factor marketing mix yang mempengaruhi keputusannya dalam berlangganan surat kabar yaitu factor harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN SOFTSKILL BAHASA INGGRIS 2 TULISAN KE 2

BAHASA INGRRIS 2                         NAMA            : ADE DAMAYANTI                         NPM               : 10...